Part 1. Mengenal Sekolah dan Memahami Tata Tertib

 

MENGENAL SEKOLAH DAN MEMAHAMI TATA TERTIB



 

Sekolah di SMK

            Waktu yang kamu tunggu-tunggu telah tiba. Kamu akhirnya diterima di SMK yang kamu inginkan. Kamu tentu bersyukur dapat bersekolah hingga jenjang SMK, oleh karena tidak semua orang dapat memperoleh kesempatan untuk melanjutkan sekolah hingga jenjang SMK.

            Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pondasi dari cita-citamu. Keberhasilan atau kegagalanmu di masa depan salah satunya bergantung pada keberhasilan atau kegagalanmu di SMK. Oleh karena itu di SMK kamu dituntut untuk belajar sebaik-baiknya, beraktivitas dan mengembangkan kemampuan sebanyak-banyaknya, dan tentunya meraih prestasi setinggi-tingginya.

            Bersekolah di SMK merupakan tantangan. Untuk mengatasi tantangan tidak hanya dibutuhkan kemampuan, namun juga keyakinan dan kepercayaan diri. Oleh karena itu setiap siswa SMK harus memiliki keyakinan dan kepercayaan diri bahwa segala yang dilakukannya akan membimbingnya dalam melangkah ke masa depan yang cerah.

            Setelah semua persyaratan administrasi dan berbagai biaya telah dipenuhi, kini saatnya kamu “mengganti” seluruh biaya yang tidak sedikit itu dengan kerja keras. Apalagi jika kamu masih bergantung pada orangtua. Orangtua tentu berharap bahwa biaya yang telah mereka keluarkan tidak terbuang percuma. Harapan orangtua tersebut merupakan motivasi bagimu dalam meraih keberhasilan. Hatimu berkata bahwa kamu tak akan menyia-nyiakan kepercayaan dan kesempatan yang telah diberikan oleh orangtua kepadamu. Sekolah juga telah menunggumu untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagaimana mestinya seorang siswa.

 

Pengenalan Terhadap Sekolah

            Hari-hari pertamamu di sekolah telah diisi dengan kegiatan orientasi sekolah. Kegiatan ini diberi nama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Melalui kegiatan ini kamu sebagai siswa baru telah diperkenalkan tentang apa dan siapa saja yang secara langsung atau tak langsung akan membantu kelancaranmu bersekolah.

 

Pentingnya Keseriusan dalam Belajar

            Sejak awal sekolah kamu harus sudah yakin terhadap keseriusanmu dalam belajar. Kamu tidak akan membeda-bedakan setiap mata pelajaran atau guru yang mengajar. Semua diperlakukan sama dan tidak ada yang lebih penting atau menarik dibanding yang lain. Semua pelajaran pasti aka nada manfaatnya bagi masa depan, walaupun porsi pengaruhnya mungkin tidak sama. Jika kamu sengaja berlaku tidak adil dengan mata pelajaran atau guru tertentu, maka kamu pada dasarnya sedang menuju kegagalan dalam belajar. Ini merupakan suatu kerugian besar.

            Pada masa orientasi dan hari-hari pertama sekolah kamu akan menyadari pentingnya membuat jadwal pelajaran, menyusun target prestasi belajar dan kegiatan lain. Hal ini akan memotivasi diri dalam berprestasi.

Bersambung ......


Kunjungilah selalu jendelabimbingan.blogspot.com semoga bermanfaat. Aamiin


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mantap Menuju Masa Depan

Pengenalan Bimbingan Konseling

Part 2. Hubungan ESQ dan Masa Depan