Part 1. Aneka Kemampuan

 

ANEKA KEMAMPUAN


 

Kemampuan Umum (IQ)

Inteligence Quotient (IQ) adalah ukuran kemampuan intelektual, analisis, logika dan rasio seseorang.

Menurut SC. Utami Munandar, kemampuan mencakup 3 hal, yaitu:

1.      Kemampuan tingkat tinggi, seperti penalaran, pemecahan masalah, dan pembuatan keputusan.

2.      Kemampuan belajar, terutama belajar dari pengalaman.

3.      Kemampuan untuk memenuhi tuntutan lingkungan atau beradaptasi.

 

Kemampuan Khusus (Bakat)

            Bakat adalah kemampuan bawaan sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih/dipelajari. Karena masih bersifat potensial, bakat merupakan potensi yang masih memerlukan latihan dan pengembangan secara serius dan sistematis agar dapat terwujud.

            Bakat dibagi menjadi bidang-bidang berikut.

1.      Verbal, untuk melihat kemampuan seseorang dalam berpikir, memahami ide dan konsep, serta memecahkan masalah dalam bentuk kata-kata.

2.      Numerikal, untuk melihat seberapa baik seseorang dalam berpikir, memahami ide dan konsep, serta memecahkan masalah dalam bentuk angka-angka.

3.      Skolastik, untuk melihat kemampuan berpikir verbal dan numerical seseorang dalam menyelesaikan tugas mata pelajaran/akademik.

4.      Abstrak, untuk mengetahui seberapa baik dan mudah seseorang memecahkan masalah dengan menggunakan diagram, pola, dan rancangan yang disajikan dalam materi ukuran, bentuk, dan posisi.

5.      Relasi ruang, untuk mengetahui seberapa baik seseorang dapat memvisualkan, mengamati, dan membentuk gambaran mental dari objek-objek dengan melihat pola dua dimensi dan berpikir dalam tiga dimensi.

6.      Mekanik, untuk mengetahui seberapa mudah seseorang memahami prinsip-prinsip umum ilmu pengetahuan alam dan seberapa baik seseorang mengerti tata kerja dalam perkakas sederhana, mesin, dan peralatan lainnya.

7.      Kecepatan dan ketelitian klerikal, untuk mengetahui seberapa cepat dan teliti seseorang dalam menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan pencatatan.

8.      Kemampuan bahasa Indonesia, untuk mengetahui seberapa baik pengertian dan keterampilan ejaan seseorang, seberapa banyak kosakata yang dikuasai, dan seberapa tinggi kelancaran serta kepekaan seseorang dalam berbahasa Indonesia.

9.      Kemampuan bahasa asing, untuk mengetahui seberapa baik kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis seseorang dalam berbahasa asing. 

Bersambung ......

B

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mantap Menuju Masa Depan

Pengenalan Bimbingan Konseling

Part 2. Hubungan ESQ dan Masa Depan