Part 2. Mengenal Sekolah dan Memahami Tata Tertib

 

MENGENAL SEKOLAH DAN MEMAHAMI TATA TERTIB


Untuk Apa Ada Tata Tertib?

            Manusia diciptakan sebagai makhluk pribadi dan sosial. Setiap manusia akan mencoba untuk hidup sesuai dengan kodratnya itu. Namun selalu ada dua kemungkinan ketika manusia menjalankan kodratnya: semua yang diinginkannya berjalan dengan mulus, atau malah menghadapi hambatan. Masalah-masalah sangat mungkin muncul karena setiap manusia mempunyai keinginan, harapan, dan target hidupnya sendiri, serta merasa dirinya sebagai makhluk yang bebas.

            Ketika terjadi perbedaan cara dalam menjalani hidup ini, manusia menjadi sadar bahwa ia membutuhkan aturan, kaidah, tata cara, atau sistem tertentu dengan tujuan agar kehidupan menjadi lebih tertata, berjalan lancar, sesuai dengan yang diinginkan; inilah tata tertib. Tata tertib diperlukan oleh diri sendiri maupun dalam relasi dengan orang lain. Agar terjadi keselarasan pola tingkah lakunya dengan masyarakat, manusia harus menerima dan menjalankan tata tertib yang berlaku.

 

Tata Tertib di Sekolah

            Sekolah sebagai lembaga pendidikan juga memberlakukan tata tertib untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar. Tata tertib sekolah disusun agar pola tingkah laku sumber daya manusia yang ada di dalamnya sesuai dengan visi dan misi sekolah. Tata tertib disusun untuk menjunjung tata nilai yang relevan dengan norma-norma dunia pendidikan.

            Tata tertib di sekolah dibuat untuk membantu kegiatan belajar pada siswa. Dengan tata tertib, kegiatan belajar di sekolah dapat berlangsung dengan teratur, lancer, dan nyaman. Hal ini akan memunculkan kondisi sekolah yang tertib, disiplin, adil, dan kondusif untuk beraktivitas. Sebagai contoh, sekolah menerapkan peraturan jam pelajaran untuk membantu siswa berkonsentrasi dalam belajar. Jika banyak siswa yang terlambat, kegiatan belajar menjadi terganggu.

            Mematuhi tata tertib menjadi bagian penting proses pendewasaan diri, pengendalian diri, dan kesadaran diri siswa. Dengan tata tertib sekolah, siswa diharapkan memahami arti penting menghormati sistem yang berlaku dalam kehidupan.

 

Hak dan Kewajiban

            Dimana pun manusia berada, ia mempunyai hak dan kewajiban, tidak terkecuali di sekolah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hak adalah milik, kepunyaan, kewenangan, kekuasaan untuk berbuat sesuatu karena telah ditentukan oleh undang-undang atau aturan. Sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan atau dilaksanakan. Pada kenyataannya, dalam hidup kita harus selalu mendahulukan kewajiban. Sebagai contoh, saat kita bekerja di suatu instansi atau perusahaan, kita harus mendahulukan kewajiban dengan melaksanakan pekerjaan selama satu bulan, setelah itu barulah kita bisa mendapatkan hak berupa gaji.

            Hak dan kewajiban siswa.

-          Hak dan kewajiban terhadap orangtua.

-          Hak dan kewajiban terhadap guru.

-          Hak dan kewajiban terhadap sekolah.

-          Hak dan kewajiban terhadap Tuhan.

Selesai!

 

Kunjungilah selalu jendelabimbingan.blogspot.com semoga bermanfaat. Aamiin

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mantap Menuju Masa Depan

Pengenalan Bimbingan Konseling

Part 2. Hubungan ESQ dan Masa Depan